Berkendara dimalam hari bagi sebagian orang adalah hal yang menguntungkan. Mereka yang berpikiran seperti itu mempunyai keyakinan bahwa mengemudi dimalam hari akan lebih cepat karna kondisi jalan yang lebih senggang. Tetapi ada juga sebagian orang yang enggan berkendara dimalam hari dikarnakan mereka letih sehabis beraktivitas di siang hari.

Tetapi pada akhirnya, suatu saat kita pasti akan mendapati keadaan dimana mau tidak mau kita harus berkendara dimalam hari. Terlebih jika itu memang keharusan ataupun tuntutan pekerjaan.

Oleh karna itu disini saya akan memberikan tips & trick untuk berkendara di malam hari :

Berikut tips & trick berkendara dimalam hari :

1. Sebelum memulai perjalanan, pastikan mobil dalam keadaan prima, terlebih pada bagian lampu utama mobil. Selain itu cek juga lampu sein, lampu rem, dan tekanan udara mobil. Segera perbaiki terlebih dahulu jika memang terdapat salah satu lampu yang bermasalah. Karna penerangan pada mobil Anda adalah hal penting saat berkendara dimalam hari.

2. Berkendaralah dalam kondisi fit dan cukup tidur. Jangan sampai kondisi badan Anda yang kurang sehat membahayakan Anda dalam berkendara.

3. Ajak teman pada saat berkendara dimalam hari supaya Anda terhindar dari rasa kantuk karna ada temann ngobrol. Dan lebih baik lagi apabila teman Anda juga dapat mengendarai mobil supaya bisa bergantian apa bila Anda mulai merasa lelah dalam berkendara.

4. Pahami rute yang Anda lalui, karna saat Anda berkendara dimalam hari pandangan lebih terbatas dibanding berkendara pada siang hari.

5. Berkendaralah dengan kecepatan rendah apabila Anda baru melalui jalur yang pertamakali Anda lewati. Karna berkendara dengan kecepatan tinggi dijalan yang baru pertamakali Anda lalui, akan sangat beresiko tinggi terjadi kecelakaan karna Anda belum mengetau medan jalan.

6. Lakukan kegiatan yang bisa menghilangkan rasa kantuk dan membuat Anda bersemangat kembali jika dirasa mata Anda mulai sayu.

7. Posisikan lampu utama pada lampu dekat, karna lampu jauh akan sangat mengganggu dan menyilaukan kendaraan lain yang berlawanan arah dengan kita.

8. Perhatikan kondisi jalan dan sekeliling Anda karna dimalam hari pengelihatan sangat terbatas.

9. Berhentilah secara rutin untuk beristirahat sejenak jika Anda berkendara cukup jauh.

11. Patuhilah peraturan dan jaga etika Anda saat berkendara sehingga tidak merugikan pengendara lain ataupun diri Anda sendiri.

Categories: Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *