Di tahun 2019 ini, pertumbuhan kendaraan listrik diIndonesia menunjukan perkembangan yang pesat. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah yang akan mengeluarkan peraturan pemerintah mengenai kendaraan listrik.

Diquarter kedua tahun 2018, sedikitnya sudah tersedia 3 tempat pengisian daya listrik di Jakarta dan 1 tempat di serpong tanggerang selatan.

Namun pada tahun 2017 lalu PLN telah merencanakan target pemasangan 1.000 Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU). Anda dapat mencari lokasi SPLU ini melalui aplikasi Google Maps dengan kata kunci ‘SPLU PLN’.

Dan berikut kami akan merincikan dan menginformasikan referensi 4 lokasi SPLU yang ada di Jakarta dan Serpong :

1. Plaza Indonesia, Thamrin

Sebenarnya tempat untuk pengecasan ini pasti terletak di mall mall elite, hanya saja untuk di Thamrin city ini hanya tersedia tempat pengecasan untuk Mercedes Benz.

Disahkan tgl 24 September 2018, alat pengisian daya bernama Privilege Parking with EQ Power Charging untuk mobil listrik jenis EQ Power ada di area parkiran mall tersebut di P2.

Seperti saat kami hadir dalam peresmiannya, fasiltasnya memiliki dua pengisi daya Wallbox 3,7 kW dengan koneksi Type 2.

Jika sebuah Mercedes-Benz E 350 e plug-in hybrid ingin dilakukan pengisian daya, waktu yang dibutuhkan di sana sekitar 1 jam 50 menit, hampir 2 jam.

2. Gedung BPPT, Thamrin

Baru-baru ini Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) membuka tempat pengisian daya listrik yang dinamakan Electric Vehicle Charging Station (EVCS). Alat pengisian ini diletakan di gedung BPPT di Thamrin, Jakarta.

Tempat pengisian daya listrik ini punya spesifikasi model CHADEMO-CCS-Kabel Tipe 2, berkapasitas 50 kW dengan durasi pengisian tercepat 30 menit. 

Saat peluncurannya waktu itu, penyelenggarapun menghadirkan beberapa jenis kendaraan listrik mulai dari Tesla Model X, Mitsubishi I-MiEV, Viar Q1, hingga sepeda listrik Selis dengan berbagai model.

3. B2TKE-BPPT Kawasan PUSPIPTEK Serpong

Peresmian tempat pengisian daya untuk B2TKE-BPPT  dilakukan diwaktu yang bersamaan dengan gedung BPPT Thamrin. Cuma pada tempat ini, mereka menyebutnya smart charging karna daya listrik yang dihasilkan bersumber dari energi terbarukan yaitu menggunakan Fotovoltaik.

Untuk kapasitasnya sendiri smart charging ini memiliki daya yang lebih kecil yaitu 20 kW. Meskipun begitu, Alat ini dapat dipakai masyarakat umum untuk mengisi daya kendaraan mereka sebagai sosialisasi.

4. SPBU COCO, Kuningan

PT Pertamina (Persero) Tbk juga mulai melakukan innovasi pengisian daya listrik, mereka meresmikan Green Energy Station (GES) di Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di SPBU Pertamina 31.129.02 di jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.

Skarang ini pilot project GES di SPBU tersebut sudah terpasang 4 unit alat pengisian daya. 2 unit terpasang tipe fast charging yang memiliki kemampuan untuk mengisi penuh kendaraan Anda kurang dari 15 menit dan 2 unit merupakan tipe normal charging.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *