Disaat kondisi hujan, sudah sepatutnya kita berhati-hati dalam berkendara. Tentunya saat kondisi hujan, potensi kecelakaan dalam berkendara pasti lebih besar.

Dilansir dari salah satu situs web, ada tiga alasan mengapa kita perlu berhati-hati saat berkendara dalam kondisi hujan.

  1. Rem terasa kurang cakram. Hal ini disebabkan karna aspal basah sehingga menyebabkan jalanan menjadi licin. Oleh karna itu, bukan tidak mungkin kendaraan akan kehilangan kontrol karna rem kurang berfungsi optimal.
  2. Jarak pandang berkurang. Bukan hanya karna air hujan, bahkan bisa karna kotoran atau lumpur yang terciprat dari kendaraan didepan kita. Sehingga hal ini akan membuat para pengendara kesulitan dalam melihat objek yang ada didepannya saat berkendara.
  3. Berpotensi terjadi Hydroplaning. Saat hujan pastinya akan ada genangan air dijalan, terlebih saat saluran pembuangan air terhambat dijalan. Saat terjadi hydroplaning, kendaraan Anda pastinya akan sangat sulit dikendalikan. Karna itu, saat hujan Anda harus lebih extra hati-hati saat berkendara.

Berikut tips-tips berkendara yang aman di saat kondisi hujan :

1. Berpikir

Menurut penelitian, saat hujan turun justru banyak pengendara yang berkendara tanpa sadar. Maksudnya, mereka mengemudi tanpa memikirkan adanya perbedaan kondisi lalu lintas karena cuaca.

Sebaiknya pengendara tetap fokus pada rambu-rambu dan apa yang ada didepannya ketika berkendara saat hujan. Karna jarak pandang pasti akan berkurang, terlebih saat curah hujan sangat deras.

2. Nyalakan lampu depan

Hampir semua negara membuat peraturan untuk menyalahkan lampu depan kendaraannya terlebih saat kondisi jalan kurang jelas pandangannya, termasuk saat hujan.

Dan selain lampu depan yang wajib dinyalakan saat kondisi hujan, wiper dan ban juga harus dicek sebelum berkendara.

3. Hindari Hydroplanning

Istilah yang juga dikenal dengan nama Aquaplaning ini juga kerap kali terjadi saat kondisi hujan. Saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi dan menabrak genangan air, ban akan melayang dan tidak menyentuh tanah. Ban tidak mampu membelah air sehingga mobil akan kehilangan kendali dan dapat terjadi crash.

Umum nya hydroplaning atau aquaplaning terjadi saat mobil melaju dalam kecepatan 35mil/jam. Dan saat terjadi hydroplaning, hentikan kendaraan anda secara perlahan dan usahakan membalikan stir kendaraan anda supaya kendaraan anda stabil kembali.

4. Jangan menggunakan cruise control

Jangan berpikir menggunakan cruise control adalah hal tepat karna dapat menjaga kecepatan kendaraan Anda tetap stabil. Justru bisa-bisa akan terjadi hydroplaning sehingga laju kendaraan Anda akan lebih cepat dan kehilangan kendali.

5. Kurangi Kecepatan

Agar pengendara mampu melaju secara ideal, maka dibuat lah batas kecepatan. Jika Anda paham batas kecepatan ideal saat berkendara, maka Anda akan lebih nyaman melaju dalam keadaan apapun.

Apalagi jika jalur yang terguyur hujan bukanlah jalur yang biasa Anda lalui, maka sebaiknya Anda melajukan kendaraan Anda lebih hati-hati.

Categories: Tips & Trick

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *