EQ Power Charging, terletak di area parkir di Plaza Indonesia, Jakarta. Adalah salah satu alat pengisian daya untuk mobil bertenaga listrik dari Mercedes-Benz. Alat pengisian daya berbentuk wallbox ini dikatakan bisa mengisi daya baterai kendaraan hingga full dan cepat dalam waktu sekitar 30 menit saja

Akan tetapi, mulai timbul pertanyaan. Apakah dirumah bisa menerapkanwallbox listrik ini ?

Menurut Deputy Director Marketing Communication PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Hari Arifianto, jika berada dirumah, pengecasan tak perlu menggunakan wallbox.

“Jika memasang wallbox seperti ini (di parkiran Plaza Indonesia) tidak bisa pakai di rumah dan pasti membutuhkan pihak ketiga untuk pemasangannya. Setelah itu diatur ulang kelistrikannya dan untuk dayanya di ambil langsung dari line utama, tidak mungkin mengambil dari sistem kelistrikan rumah,” ungkap Hari ketika ditemui wartawan di kawasan Plaza Senayan, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Hari juga berkata, jika diaplikasikan di rumah dipastikan harga wallbox akan sangat mahal. Karna, pihak Mercedes-Benz sendiri mengeluarkan dana Rp 18jt untuk satu wallbox itu. Dan itu belum pemasangan, sewa lahan, dan lain-lain.

“Jika menggunakan pihak ketiga untuk pemasangan pastinya bisa lebih mahal lagi karena ada ongkos pasang, sama saja seperti membeli AC. Jadi sayang kalau harus keluarkan Rp 18 juta hanya untuk cas saja,” katanya.

Casan untuk rumah

Menurut Hari, untuk mengaplikasikan casan dirumah, customer hanya perlu menggunakan home charging device. Selain itu, fasilitas ini biasanya diberikan secara gratis.

“Nah kalau ini (untuk di rumah) yang reguler saja, minimum kebutuhan dayanya di rumah harus di atas 2.200 Watt,” ujar.

Contohnya untuk sebuah mobil listrik buatan Mercy seperti E 350 e plug-in hybrid, paling tidak memerlukan daya hingga 1.300 Watt.

Selain itu, bagian sistem kelistrikan di rumah harus terlebih dahulu diatur ulang, dan tak menggunakan colokan pada umumnya.

“Karena colokan rumah pasti kebakar, meleleh karena panas. Setiap pembelian model plug in hybrid sudah dilengkapi home charging minimum listrik yang harus disiapkan adalah sekitar 1.300 Watt kalau mau aman 2.200 Watt. Voltnya 180-240 Volt bisalah,” tutupnya.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *