Banyak hal yang dapat berubah karna cuaca, salah satunya perjalanan. Perjalanan menuju tempat kerja akan terhalang karna turunnya hujan. Dan supaya pekerjaan kita tidak terhalang oleh hujan, kita harus menyiapkan segala sesuatunya dengan matang. Dan berikut kami berikan tips & trick dalam berkendara dimusim hujan.

1. Memperkirakan waktu dan jarak tempuh
Prediksikan waktu perjalanan Anda dari tempat awal sampai dengan tujuan karna pada umumnya di saat hujan, kondisi jalanan akan lebih padat dari pada biasanya.

2. Pertimbangkan beberapa rute
Dalam kondisi hujan, jangan bergantung pada satu rute perjalanan saja. Pertimbangkan rute jalan alternatif lain untuk menghindari kepadatan lalu lintas. Atau setidaknya untuk mendapatkan rute tercepat walaupun berjarak lebih jauh sedikit.

3. lihat perkiraan cuaca
Sekarang untuk melihat ramalan cuaca kita bisa mendapatkan nya bukan hanya dari siaran TV saja. dijaman sekarang banyak aplikasi penyedia perkiraan cuaca, dan itu semua bisa di akses lebih mudah melalui handphone kita.

Dengan mengetahui perkiraan cuaca, Anda jadi bisa menentukan jalur mana yang aman dari genangan air sehingga Anda bisa mencari alternatif jalur lain yang bisa dilalui.

4. Siapkan kantong tahan air
Ada baiknya Anda siap sedia sebelum terjadi. Sediakan kantong anti air untuk menyelamatkan atau mengamankan dokumen-dokumen penting Anda di saat hujan.

5. Siap sedia sendal
Ada baiknya Anda selalu menyiapkan sendal sebagai pengganti alas kaki Anda disaat hujan sehingga sepatu Anda tetap aman dan kering untuk dipakai beraaktifitas.

Atau alternatif lainnya Anda dapat menyimpan sepatu Anda di kantor dan pada saat pulang Anda ganti dengan sendal sehingga sepatu Anda tetap aman dikantor.

6. Gunakan jas hujan atau payung yang sesuai
Bila Anda mengendarai sepodah motor dalam beraktifitas sehari-hari, ada baiknya Anda memakai jas hujan yang berbentuk jaket sehingga Anda lebih mudah dan fleksible saat menggunakannya. Tapi apabila Anda berkendara dengan bawab tas yang cukup banyak Anda bisa menggunakan jas hujan berbentuk ponco sehingga dapat melindungi barang bawaan Anda sekaligus.

Dan ada baiknya bila Anda bepergian dengan kendaraan umum, Anda selalu membawa payung kecil agar lebih fleksible dan mudah membawanya.

7. Bawa serta Handuk Kecil dan Baju Ganti
Sebaiknya Anda meninggalkan satu baju ganti di kantor Anda dan satu handuk kecil. Atau paling tidak Anda membawanya didalam tas Anda untuk di ganti saat sampai kantor. Sehingga Anda bisa tetap berpenampilan rapih walau dalam keadaan hujan.

8. Konsunmsi vitamin
Jika tubuh kita kehujanan dan terkena angin setiap hari, tentunya daya tahan tubuh kita akan melemah. Oleh karna itu ada baiknya kita meminum vitamin sebagai suplemen tambahan untuk tubuh kita supaya daya tahan tubuh kita lebih kuat.

9. Pertimbangkan untuk menggunakan angkutan umum
Dari pada Anda pusing dan stress terjebak dalam kemacetan saat hujan, lebih baik Anda pertimbangkan untuk memakai kendaraan umum supaya tidak capek. Masalah kemacetan, Anda bisa menyiasatinya dengan pergi lebih pagi sehingga Anda bisa terhindar dari kemacetan.

10. Cek kondisi kendaraan Anda secara berkala
Apabila Anda tetap lebih memilih untuk berkendara sendiri, cek kondisi kendaraan Anda secara rutin sesuai jadwalnya. Agar supaya kendaraan tidak terjadi masalah pada saat digunakan dimusim hujan sekalipun. Akankah lebih baik mencegah sebelum terjadi bukan ??

Categories: Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *