Sebagai pengendara yang baik tentunya kita harus mematuhi rambu lalulintas dan disiplin dalam berkendara. Tentunya setiap pengendara mengharapkan perjalanan yang aman, nyaman, dan cepat. Tetapi perlu juga Anda pahami bahwa jalan raya buka milik kita pribadi, bayak orang lain menggunakan jalan raya bersamaan dengan kita.

Berikut beberapa Panduan selamat berkendara dijalan raya yang dapat dijadikan rujukan untuk kita semua.

Cek Kendaraan Anda Terlebih dahulu

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengecek kondisi kendaraan Anda. Misalnya seperti rem, lampu utama, lampu sein, kaca spion, dll. Kondisi kendaraan yang baik tentunya akan membuat kita lebih aman dan nyaman dalam berkendara.

Cari Posisi Mengemudi Yang Nyaman

Ada bauknya sebelum memulai perjalanan, Anda terlebih dahulu mengatur posisi berkendara Anda. Atur posisi Anda senyaman mungkin sehingga Anda bisa terhindar dari rasa keram atauoun pegal-pegal yang bisa membuat Anda menjadi tidak nyaman dalam berkendara.

Gunakan Sabuk Pengaman

Hal ini sangat penting tetapi banyak orang-orang yang menganggap remeh. Menggunakan sabuk pengamanpun sebenarnya sudah diwajibkan oleh peraturan pemerintah, sehingga jangan lupa untuk memakai sabuk pengaman Anda dalam berkendara yaa.

Ikuti Arus Lalu Lintas

Sebagai pengendara yang baik tentunya kita harus taat pada rambu lalu lintas yang ada. Jangan pernah melawan arus walaupun hanya sedikit jaraknya. Karna Anda dapat di jerat pasal-pasal yang berlaku. Tidak hanya itu, Anda juga jadi membahayakan keselamatan pengendara lain karna pebuatan Anda.

Atur Kecepatan Berkendara

Jika kita berkendara dengan kecepatan tinggi memang kita akan lebih cepat sampai tujuan. Tetapi perlu Anda sadari hal itu dapat meningkatkan resiko kecelakaan Anda dalam berkendara.

Seringkali Check Kaca Spion Anda

Kaca spion memiliki fungsi yang cukup penting dalam berkendara karna kaca spion dapat membantu kita melihat kendaraan dibelakang kita saat kita mau berbelok.

Gunakan Jalur Kanan Untuk Mendahului

Dalam peraturan berkendara sudah ditentukan apabila kita mau mendahului kendaraan lain kita harus mengambil jalur kanan. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak ugal-ugalan dalam berkendara.

Jangan Berkendara Sambil Main Hp

Sekarang sudah resmi diterbitkan peraturan yang melarang kita bermain atau menggunakan HP saat berkendara. Dan jika melanggar tentunya kita akan dikenakan pasal yang berlaku. Tentu hal ini dilakukan demi keselamatan kita dalam berkendara.

Istirahat Dahulu Saat Mengantuk

Saat kita mulai merasakan kantuk saat berkendara, menepilah sebentar ketepian dan istirahatkan diri Anda sejenak. Hal itu lebih baik dari pada Anda paksakan untuk tetap jalan.

Jagalah Penglihatan Pada Malam Hari

Saat Anda terpaksa berkendara dimalam hari, jagalah pandangan anda dengan baik supaya terhindar dari banyak hal yg tidak diinginkan.

Categories: Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *