Tahukah Anda sedikit perubahan kecil dalam cara Anda untuk berkendara bisa menghemat lebih banyak banyak bahan bakar? Berikut kami infokan tips & trick agar kendaraan Anda dapat menempuh jarak lebih jauh dengan biaya lebih sedikit.

1. Berikan kasih sayang dan kelembutan kepada mobil Anda

Dengan mengatur setelan mesin dengan baik, Anda bisa menghemat bahan bakar kendaraan Anda. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah pemeliharaan yang mudah dan servis rutin.

2. Kurangi beban

Berat dalam kendaraan Anda walau hanya berbeda beberapa kilo dapat mempengaruhi efisiensi pemakaian bahan bakar. Oleh karna itu, usahakan untuk tidak meninggalkan barang yang tidak penting untuk di bawa sehari-hari di bagasi belakang kendaraan Anda yang dapat menambah beban kendaraan Anda (misalnya stik golf).

3. Menyala atau mati?

Saat Anda menyalakan kendaraan Anda dalam keadaan berhenti dan tidak kemana-mana, kendaraan tetap mengkonsumsi bahan bakar. Hal ini sering terjadi saat Anda sedang antre, atau menunggu seseorang lebih dari 10 detik, kalau bisa matikan mesin Anda.

4. Hati-hati dan perlahan-lahan

Periksa persneling kendaraan Anda dengan rutin saat service berkala, karna kondisi persneling yang baik dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Jadi selalu ganti persneling mobil Anda bila memungkinkan.

5. Pelanggan yang licin

saat Anda membuka jendela atau menaruh sepeda dan kotak di atas mobil hal tersebut bisa sangat berpengaruh terhadap penghematan bahan bakar karena dapat membuat gaya gesekan dengan udara jadi buruk. Berkendara dengan kecepatan tinggi juga akan menambah resistansi angin yang Anda hadapi, sehingga dapat menyebabkan kendaraan Anda lebih boros bahan bakar.

6. Tidak menguras, tidak menyakitkan

Umumnya, sesuatu yang bekerja dengan menggunakan aki akan menguras penggunaan bahan bakar juga, misalnya penggunaan AC. Tetapi, selain hal itu yang lebih menguras pemakaian bahan bakar adalah kondisi aki yang buruk. Oleh karna itu, selalu periksa keadaan aki Anda.

7. Pengaturan waktu adalah segalanya

Berkendara didalam kemacetan banyak memerlukan stop start dan hal ini berpengaruh buruk pada penghematan konumsi bahan bakar. Oleh karna itu, sebisa mungkin hindari berkendara pada jam sibuk. Anda akan merasakan perbedaan dalam konsumsi bahan bakar kendaraan Anda yang menjadi lebih hemat.

8. Bukalah mata Anda

Perlambat lebih cepat kecepatan kendaraan Anda saat dilampu merah daripada berhenti sepenuhnya. Atau tekan gas sedikit sebelum Anda tiba di atas saat melewati tanjakan. Ini semua bisa menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan Anda.

9. Aturan bahan bakar

Ada beberapa jenis bahan bakar. Gunakan bahan bakar yang dianjurkan pabrikan untuk kendaraan Anda. Karna penggunaan bahan bakar berpengaruh pada pembakaran didalam mesin, sehingga dengan pembakaran yang lebih baik bisa lebih menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan Anda.

10. Pompa ban Anda

Tekanan angin yang cukup tidak hanya akan membuat ban Anda lebih awet, tetapi juga membuat kendaraan Anda lebih hemat bahan bakar. Hal ini dikarnakan penggunaan tekanan angin yang tepat dapat mengurangi gaya gesek yang membuat kendaraan melaju menjadi lebih berat.

Categories: Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *