Memasuki musim hujan, Wiper menjadi salah satu komponen terpenting dalam kendaraan Anda. Karna tentunya untuk membantu kita melihat dengan jelas disaat hujan, Wiper lahh yang berperan sangat penting.

Wiperpun bisa terkena masalah jika tidak dirawat dengan baik, dan tentunya itu akan menjadi masalah besar saat memasuki musim hujan.

Karna itu, disini saya akan memberikan tips dalam merawat wiper mobil Anda supaya selalu berfungsi dengan baik saat dibutuhkan maupun saat sedang digunakan sesekali :

1. Mengganti Wiper Setidaknya Sekali Dalam 1 Tahun

Bagian karet pada wiper mampu bertahan setidaknya dalam setahun. Dalam pemakaiannya, wiper akan penurunan daya guna baik sering dipakai ataupun tidak.

Untuk itu gantilah wiper kendaraan Anda setidaknya sekali dalam satu tahun untuk menjaga daya guna wiper Anda agar selalu maksimal.

Selain itu Anda harus tau dan mengecek tanda tanda kehausan dini pada wiper Anda dengan ciri-ciri, mulai wiper berdecit, dan tidak menyapu air dengan baik.

2. Kebersihan Kaca Harus Terjaga

Sebelum Anda menyapu air dengan wiper Anda, sebaiknya Anda mengelap kaca Anda terlebih dahulu. Karna kaca mobil yang kotor dapat membuat umur karet pada wiper Anda berkurang lebih cepat.

Untuk membersihkan kaca dan jendela mobil Anda, Anda bisa menggunakan spon dan kanebo, serta ditambah sabun agar lebih mudah dalam membersihkannya.

3. Jangan Menggunakan Wiper Saat Kondisi Kaca Kering

Wiper pada dasarnya disarankan penggunaan nya dengan Air, Agar tidak terjadi slip pada saat kaca dan wiper bersinggungan. Sehingga umur dari wiper akan bertahan lebih lama dalam penggunaannya.

Saat Anda akan mengoprasikan kaca wiper, ada baiknya anda membasahi kaca dengan cairan wiper. Karna itu sebaiknya Anda rutin dalam mengisi cairan wiper kendaraan Anda.

Categories: Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *