Kejadian ban mobil pecah dalam perjalanan tentunya dapat terjadi kapan saja saat persiapan berkendara kurang diperhatikan. Ketika hal itu terjadi, hal pertama yang mas Bro harus lakukan adalah jangan panik dan kendalikan mobil dengan baik. Karna kejadian fatal bisa saja terjadi seperti mobil bisa terguling apabila mas Bro panik dalam mengendarai mobilnya.

Kejadian pecah ban mobil sering terjadi saat kendaraan dipacu dalam keadaan melaju kencang. Dan saat mas Bro mengalami kejadian seperti ini, jangan langsung melakukan rem mendadak atau hard braking. Karna, kentika salah satu ban mobil mas Bro pecah, tentunya kendaraan akan menjadi tidak seimbang dan akan sangat sulit dikendalikan. Maka jika mas Bro melakukan rem mendadak atau hard breking, akan sangat berpotensi mobil menjadi terguling. So, salah satu tipsnya adalah mas Bro melakukan pengereman dengan engine brake.

Bagaimana caranya ? untuk melakukan engine brake, mas Bro hanya perlu menurunkan posisi persneling. Misalnya saat mas Bro sedang berada di posisi gigi empat,mas Bro dapat menurunkan persneling ke gigi tiga agar laju mobil sedikit tertahan. Dengan teknik engine brake seperti itu, laju mobil bisa lebih mudah dikendalikan sehingga tidak akan mudah terguling meskipun sedang melaju kencang.

Dan setelah itu, secara perlahan mas Bro menepikan kendaraan ke bagian bahu jalan dengan mengaktifkan lampu hazard sehingga tidak membahayakan pengemudi yang ada disekitar mas Bro. Lalu hubungi pihak terkait agar bisa segera ditangani atau keluarkan piranti penanganan pertama seperti ganti ban serep. So, ingat yaa mas Bro, jangan langsung mengambil langkah pengereman mendadak jika ban mobil mas Bro tiba-tiba pecah. Biarkan mobil berjalan dan kendalikan kemudi seperti biasa supaya mobil tak melaju ke kanan atau ke kiri yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Keep safety riding yaa mas Bro.

Categories: Tips & Trick

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *