Mas Bro masih melakukan kegiatan rutin memanaskan mobil sebelum bepergian ?? Biasanya kegiatan tersebut dilakukan beberapa menit sebelum kendaraan Mas Bro beraksi. Bahkan ada yang juga menunggu hingga indikator suhu mesin berada di tengah antara ‘C’ dan ‘H’. Ada kabar bahwa memanaskan mesin mobil sebelum berkendara baik untuk menyesuaikan suhu mesin sebelum akhirnya ready untuk beraksi, khususnya bagi Mas Bro yang tinggal di daerah dingin. Hmmmm.. apakah benar ??

Nahh faktanya, kegiatan memanaskan mesin mobil sebelum beraktivitas itu tidak perlu lagi dilakukan, apalagi sampai dijadikan rutinitas Mas Bro sebelum berkendara.  Pasalnya mobil-mobil zaman now sudah di desain secanggih mungkin sehingga dapat menyesuaikan suhu tanpa harus memanaskan mesin sekalipun. Mesin yang sudah mengusung fuel-injection, ECU-nya dengan mudah dapat menyesuaikan meskipun berada pada suhu bawah 0 derajat. Wow,, jaman now gitu lohh !

Seorang ahli daei Engineering Explained, Jason bahkan melakukan percobaan untuk mengetahui apa yang terjadi dengan mesin saat mesin berada pada tempat bersuhu dingin. Dan yang ditemukan adalah terjadi penyusutan oli mesin secara volume. Ettss tunggu dulu, tetapi hal itu terjadi apabila mobil didiamkan untuk waktu yang terlalu lama. Sementara kalau mobil digunakan untuk aktivitas sehari-hari tak perlu memanaskannya. Padahal, kata Jason, hal tersebut dapat menyebabkan bensin merembes ke oli sehingga sifat melumasi minyak oli berpotensi rusak.  Hali ini Justru dapat meningkatkan keausan pada part-part yang ada dalam mesin mobil. Sedangkan apabila kita mengutip informasi dari berbagai sumber di internet, memanaskan mobil sebelum membawanya bepergian bukanlah suatu rutinitas yang wajib dilakukan dan tidak juga menyebabkan mesin mobil menjadi rusak.

Categories: Tips & Trick

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *