Mas Bro yang sering bepergian dengan mobil pribadi, tentunya harus tau cara mengemudi yang safety, terutama ketika melintas di jalan menurun. Jangan sampai terjadi hal buruk seperti rem blong dan lain sebagainya. Yang terpenting dan utama, cek sistem pengereman dan pastikan dalam kondisi masih normal. Yaaa setidaknya, mas Bro bisa mengecek bagian kampas rem masih tebal jadi tidak mempengaruhi kinerja pengereman.

Faktor lainnya yang harus diperhatikan, gaya berkendara mas Bro mas Bro sekalian. Dalam kondisi jalan menurun, cara pengoperasian antara mobil transmisi manual dan matik berbeda, tetapi tidak terlalu signifikan. Saat mengendarai mobil dengan transmisi manual, pastikan selalu menggunakan gigi rendah seperti dua atau tiga. Tujuannya, agar terjadi engine brake dan mobil tidak langsung melaju dengan kecepatan tinggi. Jika kondisi jalan kosong, Kalau mas Bro menggunakan gigi empat atau lima, mobil akan melaju dengan lebih cepat ketimbang pakai gigi dua atau tiga.

So, bagaimana dengan mobil bertransmisi matik? Ga jauh berbeda kok mas Bro, mas Bro tetap harus menggunakan transmisi rendah agar ada efek engine brake seperti mobil manual. Dalam sistem transmisi matik pada umumnya, maka ketika dari posisi D dipindahkan ke D2. Otomatis jika dipindahkan ke D2, kalau ibarat manual giginya akan pindah menjadi 1 atau 2. Secara teori, itulah trik-trik dasar ketika mas Bro berkendara melewati jalan menurun, selebihnya mas Bro harus menyesuaikan dengan kondisi jalan. Pastikan mas Bro kurangi kecepatan apabila di turunan, supaya mas Bro bisa mengendalikan mobil dengan baik. Keep safety riding yaa mas Bro.

Categories: Tips & Trick

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *