Mobil dengan Transmisi matic sering kali di anggap lebih boros bahan bakar dibanding dengan mobil bertransmisi manual. Padahal tidak selalu lohh, Anda juga bisa menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan matic Anda. Yuk simak tips and trick berikut dalam mengendarai mobil matic Anda supaya tidak boros.

1. Jaga Momentum

Seperti dalam ilmu fisika, semakin sedikit kita menggunakan tenaga maka akan semakin sedikit juga bahan bakar yang dibutuhkan. Dengan kata lain Anda perlu menjaga momentum saat Anda berkendara. Jangan terlalu sering menginjak rem dan gas ketika Anda berkendara. Anda harus menjaga konsistensi kecepatan Anda dalam berkendara.

2. Jauhkan Kaki dari Pedal Rem

Jangan menaruh kaki di atas pedal rem, walau hanya sekedar menggantung. Karna hal tersebut tetap memberikan reaksi rem terhadap kendaraan yang juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar Anda. Dikatakan dari How Stuff Works, Hal tersebut dapat memberikan beban yang sia-sia terhadap mesin dan transmisi, dan kampas rem pun akan cepat aus.

3. Tekanan ban yang sesuai

Alangkah baiknya jika sebelum bepergian Anda terlebih dahulu mengecek tekanan ban mobil Anda. Menjaga tekanan ban selalu ideal dapat bisa membantu mengurangi beban kendaraan. Selain menghemat bahan bakar, menjaga tekanan ban juga menghindari Anda dari kecelakaan yang dapat terjadi.

4. Tak Perlu Terburu-buru

Hindari berkendara yang ugal-ugalan ataupun menyetir seperti halnya Anda sedang balapan. Menginjak rem secara tiba-tiba lalu menginjak gas kembali secara spontan dapat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan Anda. Berkendara dengan konsisten tanpa menginjakkan gas secara spontan dapat menghemat konsumsi bahan bakar Anda sampai dengan 33%.

5. Membeli bensin saat cuaca dingin

Ada yang mengatakan jika mengisi bensin disaat cuaca dingin dapat menghemat bahan bakar. Alasannya karna saat cuaca dingin bensin menjadi tidak cepat memuai. Dan disarankan untuk mengisi bensin di saat pagi hari.

6. Dirawat

layaknya tubuh kita, kendaraan Anda pun memerlukan perawatan. Kendaraan Anda akan sangat bekerja optimal apabila kondisi nya sangat baik. Sisipkan waktu untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel guna melakukan perawatan dan service berkala. Hal tersebut dapat menghemat bahan bakar Anda hingga 10%. Perawatan berkala juga akan membuat komponen dan sparepart mobil Anda berumur lebih panjang.

Categories: Tips & Trick

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *